Saturday, May 28, 2011

Get Paid With Survey Ipanel Online

Apakah anda pernah menerima penawaran untuk mengikuti program survey online dan sebagai responden akan dibayar? Ya, banyak perusahaan luar negeri yang bergerak di bidang jasa survey mencari banyak responden dan setiap selesai mengisi kuesioner maka responden akan dibayar sejumlah komisi tertentu. Sayangnya tidak banyak perusahaan survey yang menerima responden dari Indonesia, karena tidak sesuai dengan target perusahaan-perusahaan yang meminta data melalui perusahaan jasa survey tsb.

Kabar baiknya ada perusahaan jasa survey berbasis di Singapura bernama SGOPINION yang menerima responden dari Indonesia. Di internet perusahaan ini lebih dikenal dengan nama iPanel Online merupakan Market Research International terpercaya karena termasuk dalam member of ESOMAR (organisasi dunia yang menangani Market Research) yang berdiri sejak 2004 di Shanghai China dan sudah mempunyai cabang di beberapa negara yaitu di HongKong, Taiwan, Japan, Singapore, Korea, India, Thailand, Malaysia, Australia, New Zealand, Philippines, Vietnam, dan Indonesia. Khusus untuk responden asal Indonesia kuesioner-nya telah menggunakan bahasa Indonesia. Jadi mengisi survei lebih mudah dipahami.

Tugas kita setelah menjadi member iPanel adalah mengisi kuesioner survei-survei yang akan diberitahukan lewat email kita pada saat ada undangan survei. Setelah kita menyelesaikan survei yang diberikan maka kita akan mendapatkan bonus poin yang besarnya bervariasi (0 - 1900 poin/survei) tergantung panjangnya dan tingkat kesulitan survei tersebut. Poin yang didapat bisa dikumpulkan dan bila sudah mencukupi bisa kita tukarkan menjadi :
Rp. 20,000 = 200 poin
Rp. 50,000 = 500 poin
Rp. 100,000 = 1000 poin
Rp. 150,000 = 1500 poin
Rp. 200,000 = 2000 poin
Rp. 250,000 = 2500 poin
Rp. 300,000 = 3000 poin


Pembayaran akan ditransfer ke acount Paypal kita yang langsung ditukar menjadi USD sesuai kurs yang berlaku. Ini adalah contoh pembayaran yang diterima oleh saya.



CARA MENDAFTAR
Saat anda mendaftar menjadi member gratis di iPanel maka otomatis anda mendapatkan 50 poin
(= Rp.5000,-). 
Cara mendaftar sebagai berikut :

1. Buka formulir pendaftaran online iPanel klik di sini



2. Isi formulir dengan lengkap sesuai data yang sebenarnya karena akan menjadi pertimbangan pihak iPanel untuk mengirimkan undangan survei kepada anda nantinya. Lalu klik tombol “Submit” untuk mengirimkan pendaftaran anda. Selanjutnya akan muncul ucapan selamat seperti berikut ini.



3. Selanjutnya cek email untuk mem-verifikasi keanggotaan anda.



4. Klik link aktivasi seperti yang saya tandai warna merah di atas, akan muncul ucapan "selamat akun anda sudah diverifikasikan".



MENJAWAB SURVEI INTERAKTIF (POIN KECIL)
Agar keanggotaan anda aktif, maka diwajbkan mengisi minimal satu jenis survey interaktif di member area. Caranya sebagai berikut :
1. Login ke member area iPanel anda.
2. Klik menu “Home” lalu pilih menu “Survei Interaktif” di sebelah kanan atas.
3. Misal kita memilih dengan mengklik nama survey “Mengenai Iklan di Internet (4 poin)” maka akan terbuka halaman baru berisi kuesioner.
4. Lalu isi/pilih jawaban yang sesuai dengan yang anda alami, lalu klik tombol “Submit” untuk mengirimkan isian kuesioner anda agar anda dapat poin dan keanggotaan anda aktif. Nanti anda akan lihat juga hasil survey interaktif ini berupa grafik hasil survey dari semua member yang mengikuti survey ini.

Harap diperhatikan : jangan mengisi survey interaktif yang sama lebih dari satu kali karena nanti anda kena “hukuman” misalnya pengurangan poin dari iPanel.

MENJAWAB SURVEI UNDANGAN (POIN BESAR)
Sebelum menjawab survey undangan, harap diperhatikan bahwa anda tidak boleh mengisi sembarangan atau asal-asalan pada kuesioner yang diberikan. Jangan hanya berburu poin (rupiah) tanpa memberikan data-data sebenarnya, karena sebenarnya data anda diperlukan oleh pihak penyewa jasa survey iPanel. Dari data-data para responden akan mereka olah sampai bisa menarik kesimpulan tertentu sebagai hasil survey.

Pernah dengar kan contoh survey misalnya baru-baru ini survey yang diadakan oleh IndoBarometer tentang popularitas SBY. Mereka mengambil sampel dari ribuan orang yang tersebar di semua propinsi di tanah air. Hasil kuesioner kemudian diolah oleh IndoBarometer lalu diumumkan di public.

Nah seperti itulah survey yang diadakan iPanel, tetapi lebih menjurus ke survey tentang marketing dan kepuasan konsumen (bukan survey untuk politik). Beberapa perusahan tertentu menyewa jasa iPanel untuk membuat kuesioner dan disebar ke para member sebagai responden. Hasilnya lalu diolah oleh iPanel lalu diberikan kepada perusahaan penyewa tersebut. Setiap kuesioner dihargai dengan biaya tertentu dan sebagian besar biaya tersebut digunakan untuk membayar para responden yang memenuhi syarat.

Berikut ini adalah pemberitahuan dari iPanel kepada para member tentang pengisian kuesioner.

Anggota yang terhormat,

Belum lama ini kami telah menemukan data survei dari beberapa anggota yang memberikan informasi tidak benar atau asal-asalan dalam menjawab survei pada pertanyaan terbuka / esai / pertanyaan yang jawabannya seharusnya diisi dengan uraian pendapat atau pengalaman dan lain-lain, tetapi dijawab dengan jawaban seperti “bagus”, “tidak”, “xxxx”, “#$@%^!&%$” dan jawaban aneh lainnya yang tidak
sesuai dengan pertanyaan survei.

Data survei dengan jawaban seperti itu telah direject dan ditolak oleh klien kami. Jawaban survei dari anggota yang tidak serius tentu saja telah merusak citra kualitas survei online dan kepercayaan klien kami. Untuk anggota yang kami temukan telah menjawab dengan informasi yang tidak benar / asal-asalan, poin untuk survei tersebut akan kami batalkan. Sesuai ketentuan kami :

“Pada saat mengikuti survei, mohon menjawab daftar pertanyaan dengan jujur. Jika kami menemukan anggota yang dengan sengaja memberikan informasi yang tidak benar atau palsu, kami mempunyai hak untuk menolak memberikan bonus poin”. Baca kembali halaman “Ketentuan”. 

Perlu anda pahami bahwa Market Research (Riset pasar) merupakan pekerjaan analisa pasar yang sangat ketat dan ilmiah, mohon memiliki pemahaman yang benar terhadap suatu penelitian. Tujuan mengikuti survei bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan poin, poin diberikan sebagai penghargaan atas waktu anda, tetapi hasil survei mempunyai hubungan langsung dalam kehidupan kita sehari-hari, analisa yang tepat akan langsung mempengaruhi dan menguntungkan bagi kita semua. Mohon anda menjawab survei dengan serius dan jujur pada setiap kuesioner. Setiap kuesioner mempunyai nilai buat anda, jawaban anda dibutuhkan oleh produsen / para pengambil keputusan pada perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk memahami permintaan pasar dan untuk pengembangan produk-produk dan layanan berikutnya, yang merupakan bantuan besar dari anda untuk kita semua.

Terima kasih atas perhatian dan keseriusan anda dalam berpartisipasi pada survei - survei kami.

Nah, sekarang saya akan tunjukkan contoh cara mengisi kuesioner :
1. Login ke member area iPanel anda dengan memasukkan email dan password yang dibuat saat mendaftar.

2. Pilih salah satu survey yang masih berlaku dengan mengklik link “Ongoing” maka akan terbuka penjelasan tentang survey tersebut. Misal saya memilih survey tentang “A study about Computer & Printer

3. Muncul keterangan waktu berlakunya survey tersebut dan keterangan jumlah poin yang bisa didapatkan. Untuk mengikuti survey ini, silahkan klik link “Klik sini untuk memasukkan survey ini”. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman kuesioner seperti berikut ini.

4. Baca keterangan singkat lalu klik tombol  untuk menjawab kuesioner.

5. Klik tombol “Next” untuk masuk ke pertanyaan selanjutnya sampai semua pertanyaan selesai anda jawab.

6. Klik tombol “Submit” untuk mengirimkan hasil survey agar anda mendapatkan poin. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua survey bisa anda ikuti, tergantung kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan penyewa. Kalau data anda tidak memenuhi syarat maka otomatis akan ada pemberitahuan bahwa anda tidak memenuhi syarat sebagai responden khusus untuk survey tersebut. Jangan khawatir, anda tetap akan dapat 1 poin meski tidak bisa ikut survey undangan tersebut.

RINGKASAN
Langkah-langkah menjadi responden dan mendapatkan komisi :
1. Daftar sebagai member iPanel, isi formulir di sini.
2. Verifikasi pendaftaran melalui link yang dikirimkan iPanel melalui email
3. Aktifkan keanggotaan dengan mengisi salah satu kuesioner survey interaktif
4. Pilih dan jawab kuesioner survey undangan yang poinnya besar
5. Sarankan ke teman-teman menggunakan link referral untuk mendapatkan poin tambahan
6. Setelah terkumpul minimal 220 poin, maka anda bisa withdraw komisi ke rekening Paypal anda dan dari rekening Paypal bisa dicairkan ke rekening bank anda.

Demikianlah panduan singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih,

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More